Cara Paling Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar


Cara Paling Mudah Belajar Gitar dengan Menggunakan Pick Gitar


Cara Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar - Gitar adalah salah satu alat musik berdawai yang dipetik dengan jari atau dapat pula di genjreng (Strumming) dengan menggunakan pick gitar. Bukan hanya memetik seperti alat musik harpa yang menggunakan jari kosong, tetapi gitar bisa dimainkan dengan meng- genjreng dengan cara bersamaan beberapa senar dalam satu waktu itulah yang dinamakan Strumming. Untuk dapat menghasilkan suara yang baik dan mantap, biasanya seorang gitaris menggunakan Pick Gitar dengan berbagai macam ukuran, ketebalan dan juga bentuk yang berbeda berdasarkan keinginannya masing masing .
 Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar
 Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar

Memainkan Gitar adalah sesuatu hal yang sangat menyenangkan yang paling diminati oleh banyak orang. Tentunya dengan latihan rutin adalah salah satu alasan utama kenapa seseorang dapat bermain gitar dengan baik dan terlihat terampil. Jadi, jika anda ingin dapat memainkan gitar dengan baik alangkah baiknya jika anda berlatih dengan rutin dalam mempelajari bermain gitar. Dan tentu saja bagi anda yang sedang belajar gitar otodidak pasti sedang mencari Cara cepat bermain gitar dengan baik dan benar.

Pada Kesempatan ini saya akan memberikan bagaimana Cara Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar dengan tujuan agar anda yang sedang ingin belajar memainkan  gitar mengerti bagaimana cara menggunakan pick gitar ketika bermain gitar .


1. Pilih Pick Gitar

Memilih pick gitar adalah salah satu hal yang penting dalam bermain gitar.Tidak hanya sebagai plectrum dalam bermain gitar, pick gitar juga menentukan hasil suara yang diinginkan agar lebih baik dan berkualitas. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah anda harus menentukan suara yang akan anda pilih. Contohnya, suara yang lantang dan jelas. Anda bisa menggunakan pick yang tebal dengan maksud agar hasil suara yang dihasilkan lebih keras dan jelas. Biasanya pick tebal dipakai ketika anda sedang bermain gitar bersama teman teman anda dan bernyanyi bersama. Jadi, permainan gitar anda akan tetap terdengar jelas meskipun suara teman teman anda keras.
Beragam Pilihan Pick Gitar
Beragam Pilihan Pick Gitar

Pick  yang tipis akan menghasilkan suara yang lebih tipis sedangkan untuk pick yang tebal akan menghasilkan suara yang keras. Jadi untuk genre musik country, pop atau musik melow ini cocoknya memakai pick yang lebih tipis, sedangkan genre rock atau metal cocoknya memilih pick tebal.

Pick gitar mempunyai banyak bentuk di antaranya :
  •  Triangle : pick yang berbentuk segitiga dengan tegas dan aga lebar
  •  Terdrop : bentuk standar yang sering dipakai, berbentuk segitiga namun tidak terlalu tegas
  •  Small teardrop : sama seperti teardrop namun ukurannya lebih kecil
  •  Pentagon : berbentuk seperti menara gedung yang terbalik
  •  Leaf : berbentuk seperti gigi taring, namun aga melengkung sedikit

2. Pilih Letak Strumming Gitar 

Strumming pada gitar adalah suatu teknik memetik minimal dua atau seluruh senar secara bersamaan, Teknik ini dapat menggunakan jari atau alat bantu seperti Pick Gitar. Strumming terbagi menjadi 2 yaitu downstroke dan upstroke, maksudnya adalah cara memetik gitar dengan pukulan ke bawah atau ke atas

Memilih letak posisi strumming gitar anda juga bisa menentukan jenis dan karakter suara yang berbeda. Biasanya para pemain gitar akan memainkan strumming menggunakan pick gitar di depan lubang gitar atau soundhole. Dengan maksud agar suara yang dihasilkan lebih jelas dan juga nyaring.

Tapi, anda bisa memilih letak atau posisi strumming anda pada tempat yang lain. Misalnya di belakang mendekati Bridge atau malah berada dekat dengan fretboard. Dengan begitu, rasakan bahwa hasil suara yang dihasilkan berbeda dan juga kualitasnya pun berbeda juga. Hal tersebut dapat membuat permainan strumming (genjrengan) anda akan lebih berkualitas ketika menggunakan pick gitar .


3. Tentukan Ketukan Strumming

Ketika anda bermain gitar menggunakan Pick, sebaiknya jika anda menggunakan strumming yang baik dan benar sesuai dengan ketukan lagunya. Sehingga anda dapat membuat suatu ketukan yang mirip dengan ketukan drum pada lagu yang anda mainkan.
Strumming gitar dengan drum
Strumming gitar dengan drum

Jadi, pada dasarnya permainan drum adalah terdiri dari kick (bass drum) dan snare drum. Dengan memahami ketukan drum pada dua jenis suara drum tersebut, anda bisa menemukan strumming yang bagus dan sesuai dengan ketukan lagu. Samakan bahwa kick adalah senar 4,5,6 dan snare adalah 1,2,3.

Secara praktis, anda dapat menggunakan strumming sesuai dengan bagian kick drum dan yang mana snare drum lalu genjreng sesuai dengan senarnya. Hal ini memiliki maksud agar  nada ritmis dan nada bass dapat terdengar lebih jelas. Dengan begitu otomatis strumming gitar anda akan berbeda antara satu lagu dengan lagu lain, begitu pula kualitas permainan strumming anda juga akan meningkat . Sehingga jika dikombinasikan dengan permainan Pick gitar anda, anda akan mampu memainkan lagu dengan ketukan yang berbeda dari pemain gitar yang lainnya,


4. Pegang Pick dengan Baik dan Benar

Memegang pick gitar haruslah sesuai dengan baik, anda tidak perlu memegang pick dengan terlalu kencang ataupun terlalu lemas, yang terpenting adalah pick gitar anda dapat menyentuh senar anda dengan baik dan benar. Lalu, ketika anda menggenjreng gitar dari atas ke arah bawah anda bisa menggunakan tenaga yang lebih kuat dan ketika dari bawah ke atas sebaiknya lebih lembut atau lebih lemah. Hal ini dimaksudkan agar hasil permainan anda menjadi lebih baik dan terdengar teratur.
Teknik Pegang Pick Gitar
Teknik Pegang Pick Gitar

Namun, ada teknik yang berbeda bahwa seorang gitaris harus mencoba belajar cara memegang pick gitar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. seperti ketika memetik senar pada kunci gitar tertentu khususnya pada gitar akustik tentu akan berbeda dengan  saat  melakukan teknik shredder atau sweaping melodi  pada gitar elektrik.

Teknik Pegang Pick Gitar "Sweeping,Speed Picking Dan Harmonic"

  • Teknik sweep picking atau sweeping, yang melibatkan hal-hal seperti arpeggio dalam musik rock, juga mengharuskan cara memegang pick yang ringan pada sudut seolah-olah Anda akan memetik.
  • Speed picking, melibatkan sesuatu yang sangat berbeda tentu juga cara memegang pick gitar yang berbeda. Ketika anda memilih untuk mempercepat permainan, Anda ingin mendapatkan jari-jari Anda di atas pick hampir ke ujung
  • Harmonic picking, cara memegang pick gitar ini melibatkan bagian dari ibu jari. Teknik ini adalah semacam memegang setengah bagian pick, ketika senar telah dipetik maka Efek kulit Anda menyentuh senar memberikan suara gitar yang menjerit!

Kuncinya adalah saat berlatih menggunakan pick gitar adalah bermain secara perlahan-lahan dan akurat, kemudian dengan perlahan meningkatkan  kecepatan. Awali dengan cara memegang pick gitar yang benar. untuk menghasilkan hasil yang enak di dengar. akan percumah cika kita main picking yang cepat namun suaranya belibet tidak karuan.

Anda telah membaca Artikel tentang Cara Paling Mudah Belajar Gitar dengan menggunakan Pick Gitar Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda. Dapatkan Informasi Lebih lengkap seputar Dunia Musik dan berbagai Informasi Terkait lainnya hanya disini. Terimakasih.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments