Cara Kirim Demo Lagu atau Musik ke Label Rekaman (Record Label)

Cara Kirim Demo Lagu atau Musik ke Label Rekaman (Record Label)

Tips Kirim Demo Lagu atau Musik ke Label Rekaman (Record Label) Membaca berbagai syarat di sejumlah Record Label Indonesia, saya menarik kesimpulan bahwa, kualitas rekaman yang maksimal di butuhkan oleh mereka untuk mendengarkan demo. Artinya, jangan harap demo live bisa masuk dalam tahapan seleksi . Namun demikian, tidak menutup kemungkinan itu bisa terjadi. Kalo bener-bener lolos dengar ya anggap aja “mukzijat” Maklum saat ini hampir semua orang sudah melek kualitas rekaman, apalagi untuk orang-orang yang kerjaannya di musik

Oke langsung saja kita bahas Tipsnya :

1.Buatlah Proposal Singkat

Jangan lupa membuat  proposal singkat. Gak perlu bertele-tele hingga mirip proposal proyek pembangunan jalan. To the point aja. Desainlah dengan menarik. Ke artistikan dan Keorisinilan desain biasanya menunjukkan seperti apa kualitas band kita. Kalo kita punya kliping koran atau review media tentu akan menjadi nilai lebih.karena masukin demo ke label itu sama halnya dengan melamar sebuah pekerjaan.


2.Carilah Daftar Label Indonesia Sebanyak-banyaknya

Cari dan buatlah daftar label sebanyak-banyaknya. Setelah kita anggap cukup, langkah selanjutnya adalah mempelajari profil label-label tersebut. Kita bisa lihat ke situsnya langsung untuk tahu seperti apa warna musik yang mereka harapkan. Jangan buang-buang prangko atau jasa titipan kilat dengan mengirimkan warna musik Metal ke Label yang jelas-jelas menampung karya-karya Dangdut. Remuk sob ! Ahhahaaaa..

3.Persiapkan Profil+CD Cover Band Kalian

Persiapkan Profil+Cover CD demo band kalian (INI BAGIAN YANG TERPENTING DAN PENENTU) buat semenarik mungkin, sekreatif mungkin, jangan seadanya, konsep benar-benar. Mengapa?? karena tahap seleksi yang dilakukan pertama kali dilakukan label ya itu dengan hanya melihat Profil+Cover CD demo yang kalian masukkan, kalau menurut mereka punya kalian bentuknya alay , lebay atau bahkan seadanya sudah dipastikan punya kalian bakal disisihkan secara tidak hormat tanpa mendengarkan materi lagu yang kalian punya. Percuma kan???
 

4.Urutkan Materi Demo Lagu

Urutkan materi demo yang paling potensial buat anda. Usahakan cari yang detik awal musiknya sudah maut duluan. Kalo perlu, kita bikin poling-polingan ke fans atau teman-teman untuk memastikan mana yang bakal di jagokan pertama, kedua, dst.

5.Cantumkan Contact Person

Selalu sertakan contact person di tiap bagian paket demo kita. Baik pada Proposal, Cover maupun Stiker CD label. Contact person yang tidak boleh tertinggal adalah alamat email. Biasanya label-label pada ogah menghubungi kita langsung via telpon jika demo kita belum lolos. Untuk itu mereka lebih suka memberi kabar lewat email.

6.Cek Semuanya

Check sekali lagi semuanya. Pikirkan lagi apa yang kurang. Setelah semuanya benar-benar oke. Silahkan kirimkan. 
"Kalau kalian pengen ngirim demo lebih baik jangan lewat pos karena sudah pasti nggak akan sampai ketangan yang benar dan bisa-bisa demo kalian bisa disalah gunakan, lebih baik kalian masukin demo kalian lewat email resmi dari Record Label itu sendiri atau ke bagian penerimaan demo Record Label nya langsung, jangan pernah pasrah kalau kalian suruh menitipkan demo kalian di satpam/keamanan/resepsionist"

6.Berdo'a

Terakhir, sebelum memulai dan mengakhiri dalam mengirimkan Demo Lagu atau Musik ada baiknya berdoa terlebih dahulu, supaya membawa manfaat.
 
Setelah dua – tiga bulan setelah pengiriman belum juga ada panggilan, kita kontak label saja terkait untuk menanyakan apakah demo kita sudah diterima atau belum. Untuk ini, sebaiknya kita telpon atau email saja mereka. Tidak perlu datang langsung karena biasanya jawaban yang mereka berikan sama saja dengan jawaban di telpon. Buang-buang waktu !!!

Kalo demo kita ternyata tidak lolos, jangan terlalu stress dan malah pengen bunuh diri. Masih banyak jalan menuju roma. 
Sedikit solusi biar gak stress karena Demonya tidak lolos..hehe
Pertama ya bikin lagi, kirimkan lagi, demikian seterusnya. 
Kedua ya kita rilis sendiri (self rilis)

Terimakasih sekian tipsnya semoga banyak membantu sobat semua yang lagi giatnya berkarya lewat musik

Baca ini juga :

Anda telah membaca Artikel tentang Cara Kirim Demo Lagu atau Musik ke Label Rekaman (Record Label) Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda. Dapatkan Informasi Lebih lengkap seputar Dunia Musik dan berbagai Informasi Terkait lainnya hanya disini. Terimakasih.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments