Cara Cepat Belajar Main Drum Untuk Pemula

Cara Cepat Belajar Main Drum Pemula


Cara Cepat Belajar Main Drum Pemula  - Salah satu alat musik yang masuk ke dalam alat musik perkusi adalah Drum, Penggunaan drum biasanya dalam permainan Musik Pop, Rock, dan Jazz sebagai penentu tempo dan ketukan dasar dari sebuah komposisi permainan lagu. Sebelumnya kita harus mengetahui apa yang dimaksud dengan Drum set?
Drum kit atau Drum Set adalah Sekelompok Snare, Hit Hat Tom-Tom, Tom Floor, Bass Drum dan terkadang ditambah dengan Drum Listrik  yang tersusun, Tidak tertinggal juga ada piringan yang terbuat dari bahan Metal yang berwarna Keemasan yang biasa disebut dengan Cymbal.
Cymbal seidaknya ada 3 buah pada Drum Kit, yaitu :
  1. Crash
  2. Ride
  3. Hit Hat
Bagi anda yang ingi mahir bermain Drum anda Perlu mengetahui dahulu Teknik-teknih dasar Bermain Drum. Siapa tahu anda menjadi Drummer  Avenged Sevenfold atau Band terkenal lainnya
Cara Cepat Belajar Main Drum Pemula
Cara Cepat Belajar Main Drum Pemula

Tentunya dalam bermain Drum ada banyak sekali teknik dasar yang wajib anada ketahui, mulai dari posisi duduk hingga cara memukulnya. Perlu diingat bahwa memukul Drum tidak bisa asal-asal loh, semua memerlukan teknik tidak segampang seperti yang anda saksikan DI Video atau Konser-konser band.
Tetapi tenang saja, kita pakai prinsip, semua bisa karena biasa, Jadi jika anda  ingin benar-benar menjadi seorang Drummer anada harus berlatih dengan bersungguh-sungguh, Mereka yang mahir bermain drum juga dahulunya seorang pemula seperti anda, jadi jangan menyerah dalam belajar bermain Drum. Hebat atau tidaknya seorang drummer tergantung kepada berapa lama anda berlatih drum secara rutin.

Mulailah berlatih bermain Drum sehari 1 jam dari pada latihan 12 jam nonstop tetapi seminggu sekali..
Oke baiklah saya akan memberikan beberapa teknik dasar dalam bermain Drum agar anda bisa menjadi Drummer handal dan juga mahir. Dan semoga teknik ini menjadi referensi ketika anda sudah mahir bermain drum.
  • Tegak Ketika Duduk
Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sesuai ketika bermain drum Posisi duduk anda haruslah tegak, karena posisi tegak akan memberikan tenaga tambahan ketika anda sedang bermain drum dalam waktu yang cukup lama Jadi jangan membungkuk atau terlalu tegak kebelakang. Tegaklah agar anda mampu mendapatkan seluruh bagian dari drum dan power ketika bermain drum dengan baik dan benar juga. . Cobalah untuk disiplin dalam posisi tegak ini.
Tak perlu  memperdulikan posisi yang tidak biasa. Anda bisa melakukannya secara terus menerus dan memaksa anda yang terbiasa bungkuk menjadi tidak bungkuk lagi dalam duduk.

  • Ibu Jari Tumpuan Stick 
Anda yang sedang belajar harus paham ini dengan baik, Menempatkan posisi ibu jari pada bagian tengah stick pada saat memegang stick Drum harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan tingkat ketebalan saat memegang stick dalam bermain drum dengan baik
Sisakanlah stick pada bagian belakang agar telapak tangan anda dapat membuka tutup untuk membuat stick anda melayang ketika menyentuh bagian drum. Sehingga, ketika stick drum anda kembali anda cukup menangkapnya tak perlu menarik stick drum dengan menggunakan tenaga yang berlebihan Teknik ini dapat menghemat tenaga dalam memainkan drum .

Dua cara dalam Memegang stick untuk memukul drum, yaitu:

  1. Teknik Match Grip                                                                                                                                             adalah memegang dengan posisi stick lurus agar mendapatkan tenaga yang cukup keras. Biasanya teknik ini digunakan para pemain professional pada genre lagu rock dan juga rock. Nah, bagi anda yang merupakan pemula teruslah belajar dengan teknik ini dengan benar.
  2. Teknik Tradisional Grip Teknik                                                                                                                             adalah memegang stick drum dengan cara menyamping dan sedikit lebih pelan. Tentu saja teknik ini memiliki tujuan untuk membuat suara atau tone yang lembut dan juga soft. Teknik ini biasa digunakan mereka yang merupakan drummer dari pemain musik jazz. dan swing.
  • Injak Pedal Bass Drum dengan Baik
Anda perlu menjaga pijakan anda agar terdengar baik, pada dasarnya pada permainan druma dan dua bagian yang penting yaitu pada bass drum dan snare. Jadi, ketukan anda harus pas dan juga sangat penting untuk konsisten. Misal anda salah atau lupa, anda pastikan bahwa anda tidak lupa dalam ketukan bass drum atau snare karena pada bagian tersebut akan menentukan tempo dari seluruh alat musik yang sedang bermain bersama dengan drum.

Ada teknik dasar ketika menginjak pedal bass drum, yaitu:

  1. Full Kick - Gunakanlah seluruh bagian telapak kaki agar anda dapat menemukan sisi stabil dalam mengetuk sebuah bass drum. Dengan teknik ini, anda bisa menggunakan engsel mata kaki anda yang akan membuat anda menjadi lebih baik lagi. Bagi sebagian orang teknik ini cukup melelahkan karena akan membutuhkan banyak tenaga untuk menekan sebuah bass drum dengan tenaga tersebut. Tapi,  teknik ini sangat recommended jika anda sedang konser nantinya karena akan sangat saving pada kekuatan kaki anda dan juga ketika konser pada bagian bass drum sudah ada mic jadi tak perlu kuat kuat.
  2. Half Kick - Anda menggunakan setengah kaki anda pada bagian dengan. Teknik ini menekankan engsel lutut sebagai tumpuan. Jadi, anda bisa mengangkat kaki anda keatas. Teknik ini akan memberikan anda kekuatan untuk menjadikan ketukan bass drum menjadi lebih bulat dan juga kuat. Untuk anda yang suka bertempo cepat, teknik ini sangat bagus karena akan membuat permainan anda konsisten dan terlihat jelas.
  • Hi hat adalah Pengatur Tempo
Anda perlu memainkan Hit Hat dengan benar pada kaki kiri anda, tidak hanya sebagai cymbal, hi hat merupakan sebuah pengatur tempo dan juga ketukan bagi para drummer. Ketukan dari hi hat harus jelas dan juga baik. karena memang dalam memainkan drum, anda perlu memberikan ketukan yang stabil dan tidak kurang atau kelebihan. Sama seperti permainan alat musik lainnya. Biasanya hi hat akan membagi bagian-bagian dari permainan ke dalam bentuk beberapa bar dan diperjelas dengan membukanya hi hat. Dengan begitu, anda perlu mengetuk hi hat yang tertutup lalu membukanya pada bagian terakhir sebelum memulai bar selanjutnya. Nah, menginjak pedal hi hat juga perlu dengan aturan tersendiri. Anda perlu menentukan open hi hat pada ukuran 0, 1/2, 1/4, 1 (full) karena hasil dari suara juga akan berbeda pula.

  • Mulai dari Ketukan Dasar
Untuk anda yang merupakan pemula sebaiknya anda belajar drum dari awal dengan baik dan benar. Mulai dari ketukan dalam permainan snare, seperti single stroke, double stroke, triplets, dan lain sebagainya. Tentunya dengan ketukan tersebut, anda bisa mengatur permainan drum anda menjadi lebih baik lagi. Lalu, bisa anda lanjutkan dengan cara memadukan ketukan kaki kanan pada bass drum dan kaki kiri pada pedal hi hat, tangan kanan pada hi hat dan tangan kiri pada snare drum. Hitung ketukan hi hat sebanyak 8 kali lalu anda sisipkan ketukan bass drum pada 1 dan 5 dan ketukan snare drum pada hitungan ke 3 dan 7. Hitung berulang ulang dengan hi hat juga.


Demikianlah Cara Belajar Main Drum Pemula dengan Mudah yang bisa anda gunakan sebagai pedoman ketika ingin belajar bermain drum dengan baik dan benar.

Anda telah membaca Artikel tentang Cara Cepat Belajar Main Drum Untuk Pemula Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda. Dapatkan Informasi Lebih lengkap seputar Dunia Musik dan berbagai Informasi Terkait lainnya hanya disini. Terimakasih.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments