Inilah 7 Fakta Unik Tentang Musik

Inilah 7 Fakta Unik Tentang Musik

InfoMusikz.NET-musik telah melekat di kehidupan masyarakat diseluruh dunia, berbagai penelitian menyatakan musik menyatakan dapat dijadikan sebagai alat pelepas stress, mencerdaskan otak dan menenangkan pikiran, banyaknya jenis musik menjadikan seseorang dapat memilih musik yang lebih disukai dan cocok dengan karakter masing-masing dibalik itu semua ada beberapa fakta tentang musik yang jarang kita ketahui.

 

Inilah Beberapa Fakta Unik Tentang Musik

1.Musik Mampu Mengembalikan Kenangan pada Memori Otak

Kehilangan memori pada otak sangatlah menyedihkan, karena penderita tidak dapat mengingat masalalunya baik yang menyenangkan maupun kenangan buruk, selain itu keluarga dan kerabatpun akan kesulitan untuk bersosialisasi dengan si penderita, berbagai metode digunakan oleh alhi medis untuk mengembalikan ingatan pasien salah satu metode yang paling ampuh adalah dengan memutarkan musik kepada penderita.

Ya musik dipercaya memiliki kekuatan untuk mengembalikan kenangan menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsychological Rehabilitation tahun 2013 mendengarkan lagu-lagu hits dari zaman ke zaman membuat kenangan -kenangan lama lebih mudah muncul di bandingkan dengan wawancara oleh Psikiater, musik dinilai lebih efektif dalam merangsang kemampuan otak untuk menggali kenangan yang hilang

2.Musik dapat Membuat seseorang lebih lama di Toko, Cafe atau Restoran

Jika kita pergi ke suatu tempat perbelanjaan, restourant atau cafe kita kerap disuguhkan dengan alunan musik, ternyata ini bukanlah hanya sekedar sebuah pelengkap agar suasana toko, restoran atau cafe tidak sepi karena faktanya alunan musik ini merupakan daya tarik yang membuat pelanggan bisa bertahan lebih lama.Musik membuat seseorang lebih santai dan mampu mengubah suasana hati jadi lebih baik, hal ini bukan hanya sebagai dugaan namun hassil dari penelitian.

Dari survey pelanggan terhadap sebuah Departemen Store 20 % dari mereka menyatakan bahwa mereka ingin lebih lama didalam sebuah toko atau cafe karena mereka mendengarkan musik. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris juga menemukan hasil bahwa musik klasik yang di putar di sebuah restoran dapat membuat seseorang bisa bertahan lebih lama di restoran, pelanggan yang bertahan lebih lama cenderung lebih menghabiskan makanan dan minuman lebih banyak ketika musik klasik dimainkan ditempat tersebut

3.Musik dapat Membuat Hubungan Menjadi tidak Membosankan

Penelitian yang dilakukan oleh Peter Rentfrow dan Samuel Gosling menemukan bahwa ternyata kesamaan selera musik dapat membuat hubungan cinta sepasang kekasih menjadi tidak membosankan, mereka meneliti pola percakapan antar pasangan, hasil penelitian menunjukan bahwa seseorang menggunakan pilhan musik untuk menyampaikan informasi untuk mengenal kepribadian mereka.

Ada 60 orang mahasiswa yang menjadi objek peneliti merka dipasangkan lalu diminta untuk mengenal satu sama lain setelah 6 minggu diketahui bahwa musik adalah hal yang paling banyak menjadi topik pembicaraan, pada aawal pertemuan topik pembicaraan lebih beragam seperti olahraga, film, hobi, dan lainnya tetapi lama kelamaan topik yang tetap sering dibicarakan adalah musik selain itu ditemukan juga bahwa pembicaraan mengenai musik merupakan cara yang paling akurat untuk menilai kepribadian seseorang.

4.Dengan Musik mampu Menguasai Berbagai Bahasa


Menguasai berbagai bahasa mempermudah kita untuk berkomunikasi dengan dunia luar untuk itu kita harus mempelajari bahasa asing dengan keseriusan dan latihan berulang kali. Untuk mempermudah mempelajari bahasa menyayikan lagu berbahasa asing merupakan cara yang efektif, nada dan melodi membuat telingga dan lidah kita lebih mudah mengingat bahasa tersebut.

Sebuah studi yang di publikasikan dalam jurnal Memory & Cognition tahun 2014 membuktikan dugaan tersebut, penelitian ini melibatkan 60 orang yang diminta mendengarkan dan melafalkan ulang bahasa hongaria yang selama sekali asing bagi mereka. kelompok pertama untuk diminta hanya melafalkan kata dalam bahasa hongaria.kelompok kedua diminta untuk melafalkan kata tersebut dengan irama. dan kelompok ketiga diminta mengulang rangkaian kata dengan irama atau lagu.

Hasilnya kelompok yang diminta mengulang kata dengan nyanyian bahasa hongaria yang lebih tinggi dari kedua kelompok lainnya. adi jika anda ingin lebih fasih lagi dalam bahasa inggris atau bahasa daerah anda bisa memulai dengan mendengarkan dengan musiknya.

  Baca Juga :

5.Musik mampu Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa musik mempengaruhi perkembangan otak janin dan bayi, namun tahukah anda bahwa musik juga bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman,Beberpa peneliti telah melakuan penelitian ini dan menemukan hasilnya. Doroty Retallack meneliti pertumbuhan tanaman yang pertumbuhan nya diriringi beberapa genre musik ia menemukan bahwa tanaman tumbuh subur jika diringi musik klasik dibandingkan dengan musik rock.

Dalam bukunya Retallack menuliskan bahwa musik dengan bit keras dapat mempengaruhi kesehatan tanaman sehingga pertumbuhan tanaman menjadi sangat lambat. ilmuan lain Joel Sternheimer mempelajari pengaruh musik terhadap penciptaan protein dari asam amino berbagai tumbuhan.ternyata penciptaan protein ini memiliki frekuensi getaran dan bisa direkam kemudian dituangkan dalam urutan atau melodi, ketika melodi terbsebut dimainkan ternyata mampu mempercepat pertumbuhan tanaman.

Tomat bisa tumbuh 2,5 kali lebih besar ketika melodi dimainkan. seorang ilmuan asal korea selatan bernama Mi-Jeong Jeong memainkan musik klasik karangan Beethoven kepada tanaman padi yang ditanamnya.dari penelitiannya ini ia menemukan tanamannya tumbuh lebih cepat dan lebih tinggi. bunyi yang dihasilkan oleh Beethoven Moonlight Sonata  membuat gen tanaman semakin aktif, ia menyimpulkan bahwa paparan musik bisa menyebabkan paparan kimia pada tanaman

6.Musik dapat Meningkatkan Perahan Susu Sapi

Tidak hanya tumbuhan, hewan juga menyukai musik, beberapa peternakan sapi di Eropa dan  Amerika Serikat sudah menerapkannya mereka memutarkan lagu-lagu bertempo lambat seperti lagu klasik lagu country yang sendu dan lagu yang bergenre soul, para sapi akan merasa nyaman. lagu-lagu ini dapat meningkatkan perahan susu sapi sebesar 3 % jika sebuah peternakan memiliki ratusan sapi perah maka peningkatan ini akan sangat berarti.

Pentingnya musik pada peternakan sapi membuat British Columbia Dairy Association merilis daftar lagu untuk meningkatkan produksi susu sapi daftar lagu ini dipilih oleh para sapi, mereka memberikan suaranya dengan memberikan susu lebih banyak untuk sebuah lagu, jika sepanjang diperdengarkan sebuah lagu ternyata hasil perahannya dikit maka lagu tersebut akan di coret dari daftar

7.Musik sebagai Penghilang Rasa Sakit

Yang sudah masuk keruang operasi pasti sudah merasakan deg-degan bagaimana ketika obat bius sudah tidak bekerja lagi paska operasi selesai, rasa sakit bisa menjalar dari luka bekas operasai ke seluruh tubuh, hal ini membuat para ilmuan terus mencari bagaimana cara efektif untuk menghilangkan rasa sakit ini.

Ternyata dengan mendengarkan musik sebelum, selama dan setelah operasi dapat mengurangi rasa sakit yang di derita pasien, bahkan musik bisa mengurangi kebutuhan untuk penghilang rasa sakit atau obat bius. wwwooow. dari penelitian ini ditemukan bahwa kecemasan pasien berkurang secara signifikan secara operasi keika mendengarkan musk mereka juga membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dan ketika pasien memilih lagu yang disukainya penurunan rasa sakit dan penggunaan obat pereda rasa sakit sedikit lebih besar dibandingkan musik dipilih oleh tim medis

Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.

Anda telah membaca Artikel tentang Inilah 7 Fakta Unik Tentang Musik Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda. Dapatkan Informasi Lebih lengkap seputar Dunia Musik dan berbagai Informasi Terkait lainnya hanya disini. Terimakasih.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments