Misteri di Balik Lagu Led Zepplin - Stairway To Heaven

Misteri di Balik Lagu Led Zepplin - Stairway To Heaven

InfoMusikz.NET - Pernahkah anda mendengar lagu milik Led Zepplin yang berjudul Stairway To Heaven?? Di awal lagu terdengar petikan gitar klasik di awal lagu begitu sangat menyentuh dan jauh dari kesan Rock Metl atau seperti Lagu Barat keras lainnya. Led Zepplin merupakan salah satu Band Legendaris asal Britania.
Misteri di Balik Lagu Led Zepplin - Stairway To Heaven
Misteri di Balik Lagu Led Zepplin - Stairway To Heaven

Kembali ke soal lagu Stairway To Heaven, bisa dikatakan lagu tersebut adalah lagu yang paling banyak di Reques di radio dan paling banyak dibawakan oleh band lain

Atlantic Records tidak pernah merilis lagu tersebut menjadi Single, jadi memang tidak dapat dibandingkan penjualannya dengan lagu “I Will Always Love You” (dinyanyikan oleh Whitney Houston). Lagu ini terdapat dalam album "Led Zeppelin IV" dan di album ini mereka hanya merilis 2 single yaitu “Black Dog” (dirilis Februari 1972 dan paling mentok hanya sampai nomer 15 di Billboard) dan “Rock and Roll” (dirilis sebagai single pada bulan April 1972, paling top hanya sampai urutan 47).

Pada saat itu, stasiun-stasiun radio sudah memprediksi bahwa band ini akan memilih "Stairway to Heaven" sebagai single ke-3. Tetapi ternyata Robert Plant (vokal), Jimmy Page (gitar), John Paul Jones (bass), dan John Bonham (drums) berpendapat lain.Menurut mereka dirilis sebagai single atau tidak, lagu ini tetap akan menjadi favorit pendengar musik bahkan sampai sekarang setelah album ini dirilis 30 tahun lalu album ini direkam di sebuah rumah tua di beberapa mile di luar kota London.

Tetapi khusus untuk lagu "Stairway To Heaven," mereka berpikir untuk membawa lagu ini ke studio rekaman. Alasannya agar hasilnya lebih sempurna. Menurut Jimmy, "Stairway..." adalah satu2nya lagu yang direkam dengan menggunakan semua gitar2 utamanya. Suara gitar di bagian awal direkam dengan gitar akustik merk Harmony (sekarang dipajang di Museum Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio), di bagian rythm lagu dengan menggunakan gitar elektrik 12 senar merk Fender, dan di bagian akhir dengan gitar Gibson Les Paul 1959 (warna sunburst, pemberian dari Joe Walsh, gitaris Eagles).

Sebelum direkam, Jimmy mengulik menggunakan gitar Fender Telecaster untuk mengarang improvisasi bagian solonya.Menurut Jimmy, dia paling banyak menulis lirik di ke 3 album Led Zeppelin sebelumnya. Waktu merekam album ke 4 ini, dia mengharapkan peran Robert untuk menulis lirik. Waktu aransemen lagu ini hampir jadi, lirik yang dikerjakan Robert ini sudah 80% selesai. Robert ingat waktu mendengarkan Jimmy sedang mengarang bagian instrumental intro lagu ini, waktu itu dia sedang bad mood menulis liriknya pun asal-asalan. Tetapi tiba-tiba tangannya menulis kata-kata “there’s a lady who’s sure all that glitters is gold and she’s buying a stairway to heaven…” dan waktu sadar, Robert langsung terkejut, sepertinya lagu ini memang sudah waktunya untuk diciptakan dan sepertinya ada sesuatu yang mendorongnya untuk selesai. Jimmy ingat waktu Robert menanyakan pendapatnya mengenai kalimat “bustle in your hedgerow” dan ia langsung setuju untuk dimasukin ke dalam lirik lagu.

Menurutnya, biarinkan orang-orang saja yang memikirkan sendiri artinya dan bebas dengan interpretasi masing-masing. Liriknya punya kharisma dan menarik untuk ditelusuri arti di belakangnya. Siapa sih “lady” yang dimaksud dalam lagu ini? Arti dari “buying a stairway to heaven” itu apa? Sang “lady” muncul lagi di bagian akhir lirik: “And as we wind on down the road/ our shadows taller than our soul/ there walks a lady we all know...” Munculnya karakter “Lady” membuat lagu yang panjangnya sekitar 8 menit ini menjadi seperti sebuah misteri.

Lagu ini juga sudah pernah direkam oleh puluhan musisi top, di antaranya adalah Frank Zappa, dan pernah direkam dalam berbagai versi musik, dari musik country, bluegrass, reggae (Dread Zeppelin di album "5,000,000") sampai jazz (gitaris Stanley Jordan membawakan instrumental di album Stolen Moments). Grup rock Butthole Surfers juga pernah membuat plesetan lagu ini untuk judul albumnya, Hairway To Steven 

Konon di dalam lagu ini terdapat unsur-unsur pemujaan setan bila lagu ini diputar secara backward atau reverse, jika di perhatikan pada bait berikut :

If there’s a bustle in your hedgerow (Jika ada kesibukan di pagar pepohonanmu)
Don’t be alarmed now, (Jangan kaget),
It's just a spring clean for the May queen (Itu hanya saat bebersih untuk ratu bulan Mei)
Yes, there are two paths you can go by but in the long run (Ya, ada dua jalan yang bisa kau lalui namun dalam jangka panjang)
There's still time to change the road you’re on (Ada waktu untuk mengubah jalan yang kau lewati)

Berikut Bentuk Lirik Lagu Led Zeplin - Stairway To Heaven Bila Di Putar Lagunya Dengan Cara Di Backward

... oh here's to my sweet Satan (Oh inilah untuk saya Setan manis)
 the one whose little paths would make me sad (Yang sedikit jalan yang akan membuat saya sedih)
whose power is Satan (yang kekuatannya adalah setan)
he'll give you give you 666 (Dia akan memberi mereka dengan dia 666)
there was a little toolshed where he made us suffer sad Satan (ada sedikit gudang peralatan di mana ia membuat kita menderita, sedih Setan).

Apakah ini dapat dikatakan sebuah kebetulan? Jika ini memang kebetulan, maka ini adalah kebetulan yang sangat-sangat fenomenal. Tapi saya rasa tidak, karena lagu ini memang dilafalkan agak 'aneh' dan dari salah satu liriknya 'cause you know sometimes words have two meanings' menandakan sepertinya ini benar-benar direncanakan. Jika ini terencanakan berarti Led Zeppelin adalah band yang terjenius sepanjang masa, karena pada masanya yang pada era musik analog, belum mengenal digital, mereka bisa membuat bait lagu yang bila direverse artinya akan berbeda. Padahal saat itu teknologi reverse hampir tidak ada sama sekali. Dan temuan ini menurut saya tidak akan membuat Led Zeppelin menjadi dibenci karena lirik Satanic-nya, tetapi malah membuat mereka semakin terkenal. Anda bisa membuktikannya disini http://www.albinoblacksheep.com/flash/stairway http://www.guzer.com/animations/stairway.php



Anda telah membaca Artikel tentang Misteri di Balik Lagu Led Zepplin - Stairway To Heaven Semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda. Dapatkan Informasi Lebih lengkap seputar Dunia Musik dan berbagai Informasi Terkait lainnya hanya disini. Terimakasih.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments